[Video] Ancaman Wifi Gratis

Wifi gratiss area, apa yang akan anda lakukan saat baru masuk ke sebuah tempat, cafe, kampus, mall atau taman kota ?

menurut analisa kebanyakan orang saat ini memikirkan 2 kemungkinan, yaitu nyari colokan listrik, atau WiFi yang gratis.

Meskipun gratis dalam penerapanya anda harus berhati – hati, tahukah kamu bahwa Wi-Fi publik memiliki risiko keamanan data yang cukup tinggi, Saat menggunakan fasilitas ini, data penting dan pribadi milikmu sangatlah rentan terekspos, terutama saat kamu mengakses email, membuka situs berisi data sensitif, ataupun berbelanja online.

Nah, soal WiFi gratis ini, perusahaan keamanan internet Avast telah melakukan survei tentang perilaku orang Indonesia dalam menggunakannya.

Apa saja temuannya?

Ternyata, orang Indonesia itu lebih suka menggunakan jaringan WiFi publik yang gratis yang kebanyakan tidak memerlukan registrasi maupun password.

Alasan mereka bermacam-macam dalam menggunakan jaringan WiFi publik gratis ini, seperti sayang pake data atau ingin menghemat paket data, atau sekadar alasan lain seperti kenyamanan.

Dari 1.100 orang yang disurvei, 41 persen di antaranya tidak pernah atau jarang mematikan pemancar WiFi di perangkat smartphone mereka dan membiarkan setting perangkat mereka secara otomatis bergabung dengan jaringan Wi-Fi publik.

Secara keseluruhan, 8 dari 10 responden mengakses WiFi publik paling tidak sebulan sekali.

Sebanyak 64 persen terhubung WiFi publik setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

Dan ketika terhubung ke WiFi publik, ternyata hanya 10 persen orang Indonesia yang menggunakan virtual private network (VPN) untuk melindungi perangkat mobile mereka.

 

Padahal, terhubung dengan jaringan WiFi publik sebenarnya membuka peluang hacker-hacker jahat untuk mencuri informasi kita lho bahkan foto pribadi, semisal selfie bugil.

Lalu, sudah sadarkah pengguna WiFi gratisan di Indonesia?

Menurut survei Avast, 21 persen responden sadar bahwa terhubung dengan jaringan WiFi publik bisa membuat data keuangan pribadi mereka dicuri, dan 40 persen sadar bahwa informasi login pribadi, seperti username dan password bisa dicuri.

Meski menurut survei Avast jaringan Wifi gratis berbahaya, tetapi tidak semua Wi-Fi gatis memiliki risiko, kamu tentu harus selalu bijak dan hati-hati saat memanfaatkan fasilitas umum ini. Beberapa tip pada video yang bisa membantumu menanggulangi bahaya keamanan siber saat menggunakan internet.

 



Leave a Reply